Thursday, January 22, 2009

TRAGEDI LONSAY

Hhmmm...sebenarnya ini sih bukan tragedi tapi kena tipu. Gimana ceritanya ane bisa kena tipu? Begini ceritanya...
Minggu siang itu, usai mengikuti aksi kemanusiaan untuk rakyat Palestina yang longmarch bulak balik Monas-HI-Monas, pastinya perut laper banget. Apalagi tadi sebelum berangkat belum sempet sarapan ditambah teriak-teriak yang membahana membuat perut makin tambah laper. Langsung aja deh pas udah sampe pintu gerbang Monas ane dan temen ane plus mentee-mentee ane hunting makanan yang murah meriah and pas di lidah.
" Eh, ga enak nih anak-anak ga kita beliin. Gimana kalo kita patungan aja? Palingan makanannay 5000-an," ujar ane sama temen ane yang mengekor di belakang.
" Iya juga sih. Ya udah deh," seru temen ane.
Dan setelah hunting beberapa tukang makanan, sampailah mata ini tertuju pada seorang tukang Lonsay Lohan eh Lonsay alias lontong sayur yang sedang menyepi di perojokan gerbang dekat pintu kecil yang ada di sebelah gerbang utama. Hhhmmm...pas banget nih! Kebetulan tuh tukang lonsay juga kurang peminat, jadilah ane memesan tuh lonsay.
" Bang, pesen lonsay 5000-an 10 porsi ya!" seru aku tanpa ada perasaan apa-apa. Perlu dicatat ya saudara-saudara, lonsay 5000 di depan mall Ambassador tuh udah komplit banget! Pake telor, tahu, plus sgelas teh hangat. Lain lagi kalo di tetangga ane, Bu Iti namanya. Lonsay 5000 dijamin bakaln dibuatin spesial sama dia, secara harga rata-rata khan 3000-an.
Langsunglah tuh abang membuat pesanan kami. Karena keterbatasan piring, maka abang itu meminta untuk tidak berlama-lama menikmati tuh piring (siapa juga yang mau makan tuh piring bang!). Jadi selesai makan, piring dicuci langsung dipake lagi eh gak dicuci sih cuma dikocok-kocok sama air doang. Otomatis dengan begini kita ga bisa makan secara bersama-sama.
Saat menunggu si abang membuatkan pesanan, ternyata peminta lonsay semakin banyak. Jadilah disana terdapat banyak antrian lonsay. Ane juga sempat mendengar seorang pelanggan bertanya tentang harga tuh lonsay.
" Berapaan bang seporsi?"
" 5000-an" tuh abang menjawab kalem.
Berarti semakin yakin deh di hati kalo tuh lonsay harganya 5000. Tadinya sempet kepikiran sih untuk bayar langsung aja sebelum selesai dimakan. Tapi niat itu langsung diurungkan saat melihat kondisi lonsay yang semakin menurun kualitasnya. Maksudnya, kalo piring-piring awal dapet telur, tahu dan kerupuk yang memadai, maka pas giliran ane dan temen ane yang terakhir cuma dapet lonsay tanpa telur dan tahu ples kerupuk yang cuma remah-remahnya doang. Husnudzon kita sih, asyik nih pasti bakalan dapet potongan harga dari tuh abang. Dan kita lahaplah lonsay itu dengan tanpa kecurigaan apapun. Perut laper yang diisi dengan lonsay yang lumayan enak dengan bumbunya yang manis pasti bakalan memuaskan hati. Betul gak sih?
Nah ini dia nih tragedinya. Saat mau bayar tuh lonsay, tiba-tiba si abng berubah pikiran. Mungkin dia pikir kesempatan nih naikin harga mumpung banyak yang beli, secara mereka udah pada makan dan ga mungkin dong ngebatalin pesanan? Mungkin juga dia melihat yang beli kader-kader PKS yang pastinya dermawan, ramah, tidak sombong dan rajin menabung...
" Jadi berapa bang?" seruku sambil melap bibir dengan tisu.
" Seporsinya 7000-an," abang itu berkata tanpa rasa bersalah.
Haaahhhhh???????
" Loh gimana sih bang, tadi kan pesennya 5000-an. Lagian yang terakhir juga udah ga pake lontong sama tahu," protesku.
" Yah emang harganya 7000-an," ujar abang itu kekeuh.
" Ya udah nih," aku meraih uang 50.000-an dan memberikannya kepada abang lonsay itu.
" Loh, kurang nih. Harganya 7000-an," abang itu gusar.
" Yee...tadi khan bilangnya 5000-an," aku juga ga mau kalah.
Tapi berhubung hujan udah mulai turun maka dengan rela ga rela temenku langsung mengeluarkan uang 20.000-an dan memberikan kepada abang lonsay itu. Kayaknya sih dia gak ikhlas juga.
" Gimana sih bang??" aku sedikit ketus berkata pada abang itu. Tapi si abang cuek bebek.
Aku, temanku dan mentee-mentee aku pun langsung pergi meninggalkan tuh abang lonsay dengan perasaan tidak ikhlas. Setelah itu aku juga sempet mendengar si abang berargumentasi dengan pembeli berikutnya yang tamapkanya juga kena tipu si abang lonsay.
Teringatlah aku pada kisah selebriti Ringgo Agus Rahman yang juga pernah kena tembak saat makan di monas. Saat itu dia beli nasi goreng yang setelah mau dibayar harganya 25.000!!! Whaattt??? Padahal tuh nasi goreng kualitasnya di bawah standar nasi goreng pada umumnya. Aduhh...aduhh...
Sepanjang perjalanan pun tak henti-henti aku dan temanku membicarakan kejadian yang tadi. Sumpah masih belum ikhlas.
" Kayaknya ga ikhlas banget ya bayar 70.000," ujar temanku
" Tuh abang bener-bener edan, ketauan akadnya 5000-an, malah dia naikin sepihak," aku juga angot.
" 70.000 tuh $7 loh..." ujar temanku lagi.
" Mending kita sumbangin ke Palestina aja deh, lebih ikhlas," tambahku.
" Edan tuh abang!!"
" Gembell!!"
" Dodoll!!"
Lalu frame di sebuah adegan di film Ayat-ayat Cinta seolah terulang,
" Ikhlas Yass...Allah sedang mengujimu. Dia sedang berbicara denganmu..."
Ya Allah... bicaranya jangan lewat abang tukang lonsay dong...Ikhlasnya ga dapet nih...Astaghfirullah....***(yas)


My work room, Jan 20,2009
when summon of ashar hear
Aduh abaaang....

No comments:

FriendsterCode.Net, Free Friendster Code Resource, Friendster skins and Profile Customization,Create your own custom glitter text only with http://www.friendstercode.net/ - Image hosted by ImageShack.us